Minggu, 09 Februari 2014

AWAS!!! NARKOBA BERBAHAYA


Apasih Narkoba itu? Mengapa Narkoba Berbahaya?

Narkoba (Narkotika dan Obat Berbahaya) merupakan obat, bahan, atau zat, dan bukan tergolong makanan vang jika dimilum, diisap. dihirup. ditelan, atau disuntikan, berpengaruh terutama pada kerja otak (susunan saraf pusat), dan sering menyebabkan ketergantungan). Akibat kerja otak berubah-ubah (meningkat dan menurun), serta terganggunya fungsi vital organ tubuh lain, seperti jantung, peredaran darah, pemapasan, dan lain-lain.

Narkoba sering disalahgunakan. Penyalahgunaan ini dilakukan tidak untuk pengobatan, tetapi ingin menikmati pengaruhnya dalam waktu sesaat.. Penyalahgunaan narkoba dalam jumlah berlebih, secara lebih kurang teratur, dan berlangsung cukup lama. akan menyebabkan gangguan kesehatan fisik. mental, dan Kehidupan sosialnya.
 
Narkoba berbahaya karena terutama berpengaruh pada otak (susunan syaraf pusat). dan perkembangan normal remaja, yaitu terhadap:

  • daya ingat, sehingga mudah lupa. 
  • Perhatian, sehingga sulit berkonsentri. 
  • Perasaan, sehingga tidak dapat lagi bertindak rasional. 
  • Persepsi, sehingga memberikan perasaan semu atau khayal. 
  • Motivasi, sehingga keinginan dan kemampuan belajar merosot, persahabatan rusak. dan membuyarkan minat atau cita-citanya. 


Selain timbulnya ketergantugan dengan segala akibatnya, penyalahgunaan narkoba juga mengakibatkan hal-hal berikut:

  • Kerusakan pada berbagai organ tubuh: hati, ginjal, Iambung, paru, jantung, otak, dan sistem reproduksi. 
  • Perubahan mental: gangguan konsentrasi, lemahnya motivasi belajar, malas bekerja. paranoid, dan penyakit Parkinson. 
  • Pola hidup yang berubah karena kurangnya selera makan dan kurang  memperhatikan kebersihan diri, sehingga menyebabkan badan kurus, pucat. Penyakit kulit, dan gigi mudah keropos. 
  • Nilai-nilai kehidupan agama-sosial-budaya diabaikan, misalnva perilaku pergaulan bebas dengan segala risikonya (penyakit kelamin, kehamilan, diluar nikah dan sebagainya). 
  • Apabila menggunakan alat suntik yang tidak steril dapat menyebabkan radang pembuluh darah, infeksi jantung, abses, hepatitis B atau C, dan infeksi HlV/AlDS.


Nah, kamu sudah tahu kan begini bahayanva Narkoba. Maka. kamu gak perlu dekat dekat dengan narkoba! Jauhilah Narkoba sekarang juga!

KATAKAN TIDAK UNTUK NARKOBA!!!

Dikutip dari: Belajar Hidup Bertanggung Jawab. “Menangkal Narkoba dan

Kekeresan" dr.Lydia Harlina Martono, S.K.M. 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar