Minggu, 16 Februari 2014

Cara Menulis Daftar Pustaka




Daftar pustaka diletakkan di bagian akhir sebuah tulisan. Daftar pustaka merupakan rujukan penulis selama ia melakukan dan menyusun penelitian atau laporannya. Daftar pustaka berisi buku, makalah, artikel, atau bahan cetakan lainnya yang dikutip, baik secara langsung maupun tidak langsung. Daftar pustaka berfungsi untuk 1) membantu pembaca mengenal ruang lingkup studi penulis, 2) memberi informasi kepada pembaca untuk memperoleh pengetahuan yang lebih lengkap dan mendalam daripada kutipan yang digunakan oleh penulis, dan 3) membantu pembaca memilih referensi dan materi dasar untuk studinya. Daftar pustaka dapat disusun dengan berbagai format Ada format yang diuraikan dengan menggunakan MLA (The Modern Language Assosiaciation) dan format APA (American Psychological Association) Akan tetapi. ada berbagai format daftar pustaka yang berlaku selingkung bidang ilmu. Misalnya, bahwa format daftar pustaka untuk bidang ilmu biologi, kedokteran, hukum, dan lain-lain. Dalam modul ini akan drbahas teknik penulisan daftar pustaka yang berlaku secara umum dalam penulisan karya ilmiah di lndonesia.

Teknik penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut

  1. Baris pertama dimuiai pada pias (margin) sebelah kiri, baris kedua dan selanjutnya dimulai dengan 3 ketukan ke dalam 
  2. Jarak antar baris adalah 1,5 spasi 
  3. Daftar pustaka diurut berdasarkan abjad huruf pertama nama keluarga penulis. (Akan tetapi, cara mengurutkan daftar pustaka amat bergantung pada ilmu. Setiap bidang ilmu memiliki gaya selingkun). 
  4. Jika penulis yang sama menulis beberapa karya ilmiah yang dikutip, nama penulis itu harus dicantumkan ulang.


Unsur yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka adalah:

  1. nama penulis ditulis dengan urutan nama akhir, nama awal, dan nama tengah, tanpa gelarakademik, 
  2. tahun penerbitan, 
  3. judul, termasuk anak judul (subjudul), 
  4. kota tempat penerbitan, dan  
  5. nama penerbit.

 Contoh:
Suatu acuan diambil dari sebuah buku berjudul "cara menulis daftar pustaka" yang dikarang oleh samsul bahri pada tahun 2014 dikota palembang diterbitkan oleh CV. puing aneka ria

Bahri, Samsul. 2014. Cara Menulis Daftar Pustaka. Palembang: CV. Puing Aneka Ria.
 
Jika penulisnya lebih dari satu, cara penulisan namanya sama dengan penulis pertama. Nama
penulis yang terdiri dari dua bagian ditulis dengan urutan: nama akhir diikuti koma, nama awal (disingkat atau tidak disingkat, tetapi harus konsisten dalam satu karya ilmiah) diakhiri dengan titik. Apabila sumber yang dirujuk ditulis oleh tim ( lebih dari 3 penulis), semua nama penulisnya harus dicantumkan dalam rujukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar