Minggu, 09 Februari 2014

CARA MENGHINDARI KEKERASAN



AKU TIDAK SUKA KEKERASAN

Kekerasan merupakan perbuatan keras yang merusak, menghancurkan, dan merugikan diri sendiri dan orang lain. perbuatan tersebut dapat ditujukan kepada orang lain, benda milik orang lain. kekerasan dilakukan dengan  menggunakan kekuatan atau paksaan, baik dengan alat maupun tanpa menggunakan alat. Ada berbagai bentu kekerasan, antara lain mencubit, memukul, menendang, menusuk dengan senjata tajam, mencuri mengompas, merampok, menodong, melempar, menembak, mencincang, mengurung, dan membunuh. Kekerasan juga dapat berbentuk kata-kata dan sikap, seperti mengancam, memaksa, mengolok-olok menghina, dan melecehkan, mengejek, dan memfitnah.   
Sebenarnya kekerasan juga dapat dilakukan terhadap diri sendiri, misalnya orang yang melukai diri sendiri, meracuni diri sendiri dengan menggunakan obat atau zat apapun, termasuk narkoba, selain untuk tujuan pengobatan. Merusak barang berharga atau barang yang masih bisa dimanfaatkan, juga merupakan tindakan kekerasan. Misalnya, merusak mobil orang lain, merusak bus, merusak telepon umum, membakar mal, menyobek buku atau surat berharga, dan mengotori dinding atau baju dengan corat-coret. Tindakan-tindakan kekerasan di atas merugikan diri sendiri dan orang lain. Anak sekolah dan pegawai tidak dapat naik bus yang dirusak. Pegawai toko kehilangan tempat kerja karena mal yang dirusak. Penduduk tidak dapat menelpon menggunakan telepon umum. Pemandangan yang tidak nyaman karena tembok penuh coretan. Belum lagi kerugian yang harus ditanggung pemerintah dan masyarakat karena harus memperbaiki sarana yang dirusak tersebut. Kekerasan menyebabkan orang lain terganggu, tidak senang, merasa tidak aman, dan takut. Kekerasan juga dapat mengundang permusuhan, dendam, dan kebencian. Kekerasan bertentangan dengan hukum dan ajaran agama, yang mengajarkan agar manusia mengasihi sesamanya. Kekerasan merupakan pelanggaran terhadap kebebasan seseorang dan hak asasi manusia, yaitu hak seseorang untuk diperlakukan secara manusiawi.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bahwa kekerasan adalah perbuatan yang tidak baik, karena merugikan diri sendiri dan orang lain. Makanya, jangan sekali-kali melakukan kekerasan sekecil apapun, kapanpun, dan dimanapun. Mendingan kita
jalin persahabatan dengan semua orang. Carannya gampang kok. Begini caranya: .
  • Hargailah orang Iain, artinya perlakukan orang lain dengan baik. 
  • Pedulilah kepentingan orang lain, artinya memperhatikan kepentingan orang lain (umum). 
  • Berbuatlah secara adil, artinya tidak membeda-bedakan orang lain. Usahakan dapai dipercaya, misalnya dengan selalu menepati janji dan berlaku jujur.
  • Bertanggung jawab dalam segala hal, artinya melakukan dan menjawab apa yang diharapkan oleh orang lain terhadap dirimu. 
  • Jadilah warga yang baik, dengan selalu berbuat baik dan membantu kepada sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar