Minggu, 16 Februari 2014

Hibridisiasi



MEKANISME PERBAIKAN MUTU GENETIK

Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas bahan pangan melalui persilangan unit-unit plasma nutfah sampai memperoleh bibit unggul dilakukan pemuliaan hewan. Cara pemuliaan tersebut dilakukan dengan cara merakit keragaman genetik menjadi suatu bentuk yang bermanfaat bagi manusia. Hibridisasi atau penyilangan merupakan cara yang sering dilakukan manusia untuk memproses bibit unggul. Hibridisasi adalah proses pengawinan dua individu satu spesies yang mempunyai sifat-sitat yang berbeda dan biasanya dilakukan pada dua varietas. Adapun yang dimaksud dengan bibit unggul adalah hewan atau tumbuhan yang mempunyai sifat unggul, seperti cepat menghasilkan keturunan, tahan terhadap hama dan penyakit, produksi tinggi, rasa enak, masa produksi lama, dan adaptif terhadap berbagai kondisi lingkungan. Untuk memperbaiki keturunan ternak agar menghasilkan keturunan yang baik juga dilakukan dengan penyilangan. Agar menghasilkan keturunan-keturunan yang bergalur murni, ada beberapa cara perkawinan silang, yaitu sebagai berikut:

Pure breeding (silang murni) yaitu mengawinkan ternak jantan dan betina yang sama bangsanya berarti satu jenis dan satu varietas. Tujuan persilangan tersebut adalah mempertinggi silat unggul yang homozigot

ln breeding dilakukan dengan mengawinkan antara ternak jantan dan ternak betina yang masih ada hubungan kekeluargaan atau masih dalam satu garis keturunan. Jika hubungan kekeluargaannya sangat dekat disebut dengan close breeding (silang dekat).

Cross breeding (Silang luar),  adalah perkawinan ternak jantan dan ternak betina yang berbeda varietas dan bergalur murni atau berdarah murni. Tujuan persilangan tersebut adalah untuk mendapatkan ras baru yang memiliki sifat yang lebih menonjol. 

Up breeding merupakan penyilangan antara ternak jantan yang sudah diketahui keunggulannya dengan ternak betina setempat. Persilangan tersebut bertujuan untuk memperbaiki mutu ternak rakyat. Biasanya ternak jantan didatangkan dari luar negeri.

Untuk mempermudah pelaksanaan dan menghemat biaya, dapat dilakukan dengan inseminasi buatan (kawin suntik). Selain dengan hibridisasi, untuk memperbaiki mutu genetik dapat dilakukan dengan seleksi, mutasi, penyinaran radioaktif, transplantasi gen, dan kultur jaringan.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar