Minggu, 16 Februari 2014

EVOLUSI



PENGERTIAN EVOLUSI

Evolusi adalah proses perubahan yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memakan waktu yang lama. Proses ini terjadi akibat seleksi alam pada variasi gen dalam individu dari suatu spesies yang menghasilkan perkembangan spesies baru. Segala makhluk hidup yang sekarang ada dan ditemukan di dunia ini adalah hasil perkembangan berangsur-angsur pada masa silam. Ada dua macam evolusi, yaitu evolusi progresif dan evolusi regresif. Evolusi progresif adalah evolusi yang menuju pada kemungkinan dapat bertahan hidup (survive). Adapun evolusi regresif (retrogresif) adalah evolusi yang menuju pada kemungkinan punah.

Pandangan para Ahli tentang Evolusi
Pada tahun 1859, seorang sarjana ilmu pengetahuan alam yang bernama Charles Robert Darwin dianggap sebagai pencetus ide evolusi setelah menerbitkan buku dengan judul On the Origin of Species by Means of Natural Selection dan mendapat julukan sebagai Bapak Teori Evolusi. Allred R. Wallace sarjana dari lnggris, secara terpisah mengembangkan pemikirannya dan menghasilkan konsep yang sama dengan pikiran Charles R. Darwin.
Selanjutnya, Joseph Hooker menggabungkan tulisan Charles Robert Darwin dengan Alfred R. Wallace menjadi sebuah judul baru, yaitu On the Tendency of Specialto Form Varieties; and On the Perpetuation ot Varieties and Species by Natural Mean of Selection. Daerah yang di observasi oleh Wallace adalah wilayah di Asia termasuk di lndonesia dan Brasil. Pada saat itu, Wallace mengirimkan buku karangannya kepada Darwin dengan judul On the Tendency to Depad lndefinitely From the Original type berisi pokok-pokok utama teori evolusi yang persis seperti yang dikemukakan oleh Darwin. Padahal, keduanya tidak pernah berdiskusi tentang penelitian mereka masing-masing. Berarti, teori evolusi yang dikemukakan Darwin telah diperkuat oleh hasil penelitian ilmuwan yang lain. Ahli lain yang dianggap mengilhami C.R. Darwin tentang evolusi adalah Jean Baptiste Lamarck. Ia seorang biologiwan Prancis yang mengemukakan gagasan tentang evolusi yang ditulis dalam buku “Philosophie Zoologiqud”. Buku tersebut mengandung arti sebagai berikut.

  1. Alam sekitar (lingkungan) berpengaruh terhadap sifat-sifat yang diwariskan. 
  2. Sifat-sifat yang didapat akan diwariskan kepada keturunannya.
  3.  Organ yang digunakan akan berkembang, sedangkan yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar