Senin, 03 Desember 2012

Mengapa harus mengenal bahan kimia


Sekarang kamu sudah tahu bahwa bahan kimia di sekitar kita ada yang aman dan ada pula yang berbahaya. Dengan mengenalnya lebih baik, kamu tidak perlu takut pada bahan kimia. Bahan kimia tidak perlu kamu hindari karena amat banyak bahan kimia yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kamu harus menggunakan secara tepat. Penggunaan yang sembarang dapat menibulkan bahata, baik untuk dirimu sendiri maupun lingkungan.
Keamanan bahan-bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk dapat kami lihat kemasannya. Untuk makanan, obat dan kosmetika, lihatlah apakah dalam kemasan tersebut tercantum izin Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) atau Departemen Kesehatan (DepKes). Jika ada, berarti produk tersebut cukup aman digunakan. Untuk bahan lainnya, seperti pestisida dan bahan pembersih, perhatikan simbol keamanannya berupa tulisan danger, warning, dan caution. Makna simbol ini, yaitu sebagai berikut:
a.      Danger
Danger artinya bahan tersebut memelukan kehati-hatian yang tinggi dalam penggunaannya. Danger merupakan simbol bahwa bahan tersebut sangat berbahaya. Jika salah penggunaannya, bahan ini dapat menimbulkan luka atau sakit serius, kebutaan, atau bahkan kematian. Salah satu contoh bahan ini, antara lain bahan yang mudah meledak ketika terkena panas.
b.      Warning
Warning artinya hati-hati. Bahan ini cukup berbahaya, meskipun tingkat bahanya lebih rendah daripada bahan dengan label danger. Bahan-bahan yang mudah terbakar (flammable) termasuk ke dalam kategori ini.
c.       Caution
Caution berarti produk tersebut aman, namun dapat pula membahayakan jika penggunaannya kurang tepat. Bahan yang ditimbulkannya dapat berupa iritasi kulit dan mata, gatal-gatal, sesak napoas dan sakit pada tenggorokkan.
Untuk keamanan, bacalah petunjukan pemakaian produk yang terdapat dalam kemasan atau brosur di dalam secara cermat. Bisakan untuk selalu membaca petunjuk pemakaian sebelum menggunakan produk apapun. Hal ini sangat penting untuk mencegah bahaya yang dapat ditimbulkan oleh produk tersebut. Jika ada keterangan yang tidak kamu pahami dari petunjuk pemakaian, segara tanyakan pada kakak, orang tua, atau orang lain yang kamu anggap tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar