Rabu, 02 Januari 2013

Burung Eksotis Hutan Tropis

Burung-Burung Hutan Tropis

Burung-Burung Hutan Tropis





Jauh tinggi di atas dasar hutan yang lembab dan gelap, berbagai burung berwarna meria, bertengger pada puncak pohon-pohonan. Hutan hujan yang berembun merupakan tempat kediaman sepanjang tahun dari burung yang berwarna bersemarak. Daerah tropis selalu panas dengan hujan yang lebat. Di daerah beriklim panas dan lembab ini terdapat lebih banyak bermacam-macam tumbuhan darupada di lingkungan lainnya di dunia. Tumbuh-tumbuhan menyediakan tempat tinggal dan makanan untuk burung-burung tersebut.
Di hutan tropis pohon-pohon besar dengan batang yang tinggi-tinggi tumbuh berdekatan. Daun-daun yang tertinggi saling bertemu, membentuk langit-langit hijau yang tebal. Di atas langit-langit tersebut, burung layang-layang mengejar serangga. Rajawali, elang dan burung-burung pemangsa lainnya melayang-layang di angkasa, menyambar ke bawah untuk menangkap burung lain, kekelawar, dan bahkan juga kera dari cabang-cabang paling atas.
Umumnya burung-burung hutan hidup di langit-langit itu, diantara berlimpahnya bunga-bunga dan buah-buahan. Banyak burung tropis mempunyai warna bulu yang cerah dan indah. Hal ini disebabkan karena mereka harus menonjolkan diri dari keadaan sekelilingnya agar dapat menarik perhatian pasangannya. Burung cendrawasih yang hidup di hutan tropis irian, mempunyai bulu-bulu yang paling rumit dan indah.
Di bawah selubung daun, burung-burung kecil beterbangan antara batang-batang pohon, mencari serangga. Kapinis, manuk sapu, dan kutilang semuanya berpesta pora dalam cahaya yang remang-remang. Kadang-kadang, kelompok-kelompok besar jenis burung-burung ini terbang bergerombol di dalam hutan, sambil menyambar serangga.
Dasar hutan merupakan tempat tinggal jenis-jenis ayam hutan. Mereka mengais diantara daun-daun yang membusuk, mencari biji-bijian dan serangga. Beberapa burung besar yang tidak pandai terbang, seperti kasuari, juga sesuai untuk hidup di dasar hutan.


Sumber: Pustaka Pengetahuan Modern PT Widyadara dalam "ASPIRASI-Biologi Kls XII smt 1" 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar