Rabu, 16 Januari 2013

Benua dan Samudra

BENUA DAN SAMUDRA

A. Pengertian Benua dan Samudra
Benua adalah hamparan daratan yang sangat luas yang pada bagian tengahnya bersifat kering, karena tidak mendapatkan pengaruh dari angin laut yang basah dan lembab. Benua dibatasi (dikelilingi oleh samudra) samudra adalah hamparan air asin yang mengelilingi darata atau benua.
B. Poses terbentuknya benua dan samudra
Menurut teori pergeseran benua, dahulu semua benua yang ada saat ini merupakan satu kesatuan karena proses pergeseran benya tersebut pecah menjadi 5 benua. Teori ini dikemukakan oleh Alferd Wagener ilmuwan asal Jerman.
C. Posisi benua dan samudra
1)         Samudra Hindia
Samudra Hindia mempunyai luas 77.118.000 km2 mempunyai kedalaman rata-rata 3.811 meter. Ciri-ciri khusus samudra Hindia yaitu:
a.      Seluruh wilayah Samudra Hindia berada di wilayah garis bujur Timur.
b.      Di Samudra Hindia jarang terjadi badai besar sehingga pelayaran lebih aman
c.       Di samudra Hindia terdapat pusat tubrukan antara lempeng asia dan lempeng dasar samudra sehingga sering terjadi gemba bumi yang dirasakan di Indonesia, Iran, India, dan Afganistan.
2)        Samudra Pasifik
Samudra pasifik adalah samudra terluas di dunia. samudra pasifik mempunyai luas 165.760.000 km2. Seluruh daratan yang ada di bumi luasnya 134.136.100 km2. Jadi luas samudra pasifik 1,24 kali luas daratan di bumi.
Samudra pasifik mempunyai kedalaman rata-rata 4.282 meeter. Bagian yang terdalam dari Samudra berupa ceruk berbentuk huruf V memanjang disebut palung.
Ciri-ciri khusus maudra pasifik  yaitu:
a)      Merupakan samudra terluas
b)      Merupakan palung terdalam, yaitu palung mariana (11.022 meter)
c)      Tempat pertemuan arus panas (kurosyiwo) dan arus dingin (oyasyiwo). Pertemuan arus panas dan arus dingn bai untuk perkembang biakan ikan tempat pertemuan adalah di laut Bering.
d)      Dasar samudra  pasifik sering menjadi pusat gempa yaitu di Jepang, Pilipina, Pantai barat benua Amerika dan Amerika Latin.
3)        Samudra Atlantik
Samudra Atlantik membentang dari pantai barat benua Eropa dan Benua Afrika hingg apantai Timur Amerika Utara dan Amerika Latin. Luasnya 82.434.700 km2. Kedalaman rata-rata adalah 3.350 meter.
Ciri-ciri khusus samudra Atlantik yaitu:
a)      Merupakan samudra yang menggabungkan Eropa dan Amerika
b)      Terdapat Segitiga Bermuda (pantai Timur Amerika Serikat dan Kepulauan Bermuda) tempat dimana kapal dan pesawat terbang hilang secara misterius.
c)      Sebagain besar wilayah samudra atlantik berada di garus bujur barat.
4)        Samudra Artik/Artika
Samudra Artik terlerak di benua Amerika Utara bagian utara, benua Asian, dan Benua Eropa. Merupakan samudra tersempit dengan luas 14.089.600 km2. Kedalaman rata-ratanya adalah 5.411 meter. Samudra artik mengelilingi kutub utara secara penuh. Suhu permukaan samudra artik lebih rendah dibandingkan samudra lainnya.
Ciri-ciri khusus samudra artik yaitu:
a)      Merupakan samudra paling sempit
b)      Mempunyai sehu permukaan paling dingin di bandingkan samudra lainnya karena letaknya paling jauh dari katulistiwa.
c)      Tidak diawali katulistiwa
d)      Seluruhnya terdapat di garis lintang utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar