Senin, 27 Agustus 2012

Pokok Pikiran Al-Ghozali Tentang Pendidikan


1.      Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam
Yang dimaksud dengan tujuan pendidikan adalah target yang ingin dicapau suatu proses pendidikan. Dengan kata lain, pendidikan dapat mempengaruhi performance manusia. Tujuan pendidikan mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif yang meliputi pembinaan nalar, seperti kecerdasan, kepandaian dan daya pikir, aspek fektif, yang melipui pembinaan hati, seperti pengembangan rasa, kalbu dan rohani, dan aspek psikomotorik, yaitu pembinaan jasmani, seperti kesehatan badan dan keterampilan.
Al-Ghozali mempunyai pandangan berbeda dengan kebanyakkan ahli filsafat pendidikan Islam mengenai tujuan pendidikan. Beliau menekankan tugas pendidikan adlah mengarah pada realisasi tujuan keagaman dan akhlag, dimana fadillah (keutamaan) dan taqorrub kepada Allah merupakan tujuan yang paling penting dalam pendidikan. Sesuai penegasan beliau: “Manakala seorang ayah menjaga anaknya dari siksaan dunia, hendaknya ia menjaganya dari siksaan api neraka/ akhirat, dengan cara mendidik dan melatihnya serta mengajarnya dengan keutamaan akhirat, karena akhlaq yang baik merupakan sifat Rasulullah SAW dan sebaik-baik amal perbuatan orang-orang yang jujur, terpecaya, dan merupakan realisasi dari buahnya ketekunan orang yang dekat dengan Allah.”
Selanjutnya beliau mengatakan, “Wajiblah bagi seorang untuk mengarahkan murid kepada tujuan mempelajari ilmu, yaitu taqorrub kepada Allah bukannya mengarah kepada pimpinan dan kemegahan.”
Al-Ghozali secara eksplisit menempatkan dua hal penting sebagi orientasi pendidikan. Pertama, mencapai kesempurnaan manusia untuk secara kualitatif mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kedua, mencapai kesempurnaan manusia untuk meriah kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Sedangkan sarana pokok untuk mencapai tujuan pendidikan menurut al-Ghozali adalah berupa materi pendidikan. Artinya, anak didik harus disiapkan seperangkat materi (kurikulum) yang siap utuk diperlajari. Di samping itu pendidik juga harus mempunyai etode pengajaran yang dapat mendukung proses belajar secara  baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar